PERHATIAN:
Home / Asia / Cara apply visa on arrival (VOA) China di Shenzhen Update Mei 2018

Cara apply visa on arrival (VOA) China di Shenzhen Update Mei 2018

BlogEgi.com, Saya dari Hong Kong mau ke Shenzhen, China. Saya tinggal di kawasan Chungking Mansions (terkenal dikaum backpacker). Maka saya harus ke perbatasan (border) Hong Kong dan China di Lo Wu, untuk mencapai Lo Wu ada banyak moda transportasi yang bisa Anda pilih guys, kalau mau simple pilih aja MTR (MRTnya Hong Kong). Saya berangkat dari East Tsim Sha Tsui Station lalu transit (ceileehhh) di Hung Hom Station, dari Hung Hom inilah naik satu kali lagi MTR untuk sampai di Lo Wu.

Tips: Di Hung Hom Station terdapat dua platform, inget ya guys pilih yang ke Lo Wu jangan yang lain, soalnya banyak yang keliru.

BlogEgi.com0010724

Perjalanan dari Hung Hom ke Lo Wu cukup lama guys, karena kita akan diantar sampai utaranya Hong Kong, total biayanya kurang dari 50 ribu rupiah (saya dapat lebih murah, karena saya menggunakan octopus card). Setibanya di Lo Wu Station langsung saja ikutin petunjuk arah “Shenzhen” tidak usah takut, karena banyak dan cukup jelas petunjuknya guys.

BlogEgi.com0010739

Sesuai gambar diatas, sebelumnya sorry nih guys gambarnya rada goyang soalnya diambil sambil jalan cepat hhaaa. Akan banyak orang yang mempunyai rute yang sama kaya saya yaitu Shenzhen.

BlogEgi.com0010749

Nanti kita akan jumpa lokasi seperti pada gambar diatas, buat yang bukan Hong Kong residents atau Chinnese Mainland otomatis masuk ke lajur Foreign yah guys. Nah pada bagian ini perlu diperhatikan ya, jika Anda belum punya Visa China dan tujuannya akan ke Shenzhen Anda diwajibkan dahulu urus VOA nya, jangan asal main masuk ke imigrasinya bisa gawat urusannya guys hheee. Untuk urus VOA ada di lantai dua.

Saya perjelas lagi ya guys, dari gambar diatas Anda tinggal masuk ke jalur foreign, ujung jalan itu adalah Imigrasi yang akan cek passport+ kasih stempel. Oke kita jangan kesana dulu, sebelum kesana kita lihat ke kanan nanti disana ada meja dengan banyak kertas “Shenzhen Application Card (SAC)” kita isi dahulu lalu setelah itu naik ke lantai dua, tangganya ada di kiri.

BlogEgi.com0010756

Adapun syarat untuk ajukan VOA China di Shenzhen cukup mudah, siapkan passport, SAC, dan Uang sebesar 160 yuan. Biaya visa harus dibayarkan dalam bentuk yuan dan cash, kalau tidak punya tukar dahulu saat di Hong Kong.

BlogEgi.com0010757

Prosesnya cukup sebentar, kalau saya dulu gak sampai 10 menit lah guys. Ini urutannya saya jelaskan:

  1. Pastikan semua syarat sudah beres dan data di SAC sudah lengkap terisi
  2. Masuk ke ruangannya, tidak jauh dari tangga naik
  3. Ambil nomor antriannya
  4. Tunggu dipanggil
  5. Berikan berkas kita
  6. Diverifikasi
  7. Jika lolos, kita akan diminta pindah ke loket pembayaran
  8. Bayar 160 yuan
  9. dan Passport Anda akan ditempel Visanya
  10. Selesai

BlogEgi.com0014808

Horeee, Visa saya sudah ditempel dengan masa berlaku maksimal 5 hari, sekarang kita kembali turun ke tempat tadi dan barulah antri untuk menuju imigrasi. Antrian disini cukup ramai guys, jadi persiapkan dengan matang waktu agar lebih efisien lagi.

BlogEgi.com0014809

FYI: Bordernya Hong Kong adalah Lo Wu dan bordernya China adalah Luohu, dari imigrasi tadi tinggal ikutin jalan itu, nanti akan berakhir disebuah keramaian kota yang lengkap dengan Mall bernama Luohu Commercial City, kereta api, public bus dan Metro Station (MRTnya Shenzhen).

BlogEgi.com0010918

Hello China, Hello Shenzhen…

Jika ada pertanyaan atau yang kurang jelas, silahkan ajukan di kolom komentar dibawah ya guys.

HOT NEWS (UPDATED)

Menurut info dari group bahwasanya sejak awal Agustus 2016, VOA Shenzhen untuk pemegang passport Indonesia distop sementara  tanpa ada informasi resmi dari pihak terkait hingga perkiraan 15 September 2016*, sebaiknya harap apply langsung dari Indonesia a.k.a Visa China. Info lanjutan akan saya update di artikel ini, serta apabila ada tambahan informasi yang berguna tentang hal ini, silahkan beritahu saya ya.

Gambar dari akun Frans Dalton.
Gambar dari akun Frans Dalton.

Keterangan *: dapat update komentar dari salah satu pembaca BlogEgi (lihat gambar atau baca dibawah).

update

 

KABAR BAIK

Sekarang kulit manggis ada ekstraknya hhheee #candaGuys, per 17 September 2016 VOA di border SZ-HK sudah dibuka kembali guys. Thanks for account Lady Bird.

blogegi-00000041387

dan per 7 Mei 2017, VOA masih terbuka untuk Indonesian Passport info dari Caycay

Egioto

About Egi Fahridho A

I always wonder why birds stay in the same place when they can fly anywhere on the earth. Then I ask myself the same question. Please be a traveler, not a tourist. Try new things, meet new people, and look beyond what’s right in front of you. Those are the keys to understanding this amazing world we live in. I’m in love with traveling.

Cek Juga Guys

Tiket promo KL ke Iran (My Persia Kaukasus Trip is coming) hanya 2 jutaan PP

BlogEgi.com, banyak orang bilang “I Hate Monday” tapi tidak berlaku buat saya, karena saya mendapatkan …

220 comments

  1. Ijin jejak mas, saya januari mau kesana, semoga lancar kaya tulisan diblog ini ya.

  2. Hi mas, saya mau tanya nih. Saya berencana ke Shenzhen melalui Hongkong. Nah rencananya saya tidak menginap di Shenzhen alias langsung balik ke Hongkong, sedangkan di SAC point 6 dituliskan address in Shenzhen. Itu sebaiknya diisi apa agar lolos VOA Shenzhennya? Terima kasih

  3. tahun 2016 masih bisa ga ya voa dr hk ke shenzhen ? saya ada rencana trip kesana di bln aug

  4. kalo voa shenzhen di bandara hongkong bs ga ya gan

  5. Mau tanya, kalo mau ke shenzen via maccau bisa pake voa gak ya? dan port nya dmn? terima kasih

  6. Hi mas Egi
    Kita mau ke Shenzhen dari Hong Kong September nanti rame2 nih..16 orang..rata2 pake hijab..kira2 ada yang menghambat pengurusan VOA karena penampilan kita gak ya? Dan rencananya cuma balik hari..jadi isian applikasi no. 6 isi dengan alamat hotel di HKG aja gak masalah kah? Terimakasih..

    • Hi Sofie, Seru nih bisa jalan rame-rame. Tidak masalah kok, Hong Kong/ China tidak Islampobia kok, selama gerak- gerik kita tidak mencurigakan akan aman kok.
      Poin no 6 iya betul isi lengkap data tempat tinggal di HK dan kalau bisa beri tambahan “One day trip” biar lebih jelas saja.

  7. mau tanya… kalo cuman 1-day trip ke shenzen… address apa yg harus di tulis di SAC nya ?

  8. kalau imigrasi jam buka + tutupnya berapa? takut kemalaman di shen zhen ga bisa balik HKG. tq.

    • Hi Lily,
      setau saya buka tutup nya tentatif gitu, tidak pasti tergantung situasi dan apalagi kalau ada acara tertentu, tetap pantau aja informasi officialnya.

      • Jumat, tgl 2 Dec ’16 kemarin saya dari HK ke Shenzhen jam 6 sore, mengurus visa on arrival dst, ketemu teman di Shenzhen bbrp jam, lalu kembali ke HK jam 10.30 imigrasi masih buka. Saya bersama teman HK yg sering bolak balik HK – Shenzhen, dia bilang imigrasi tutup jam 12 malam.

  9. Mas egi, VOA shenzen , kita bisa ke guangzhou?

  10. Hi Mas Egi salam kenal, untuk tau kapan jam operasional kantor imigrasi tempat penerbitan VOA bisa cari tau dmn ya? Saya sampai HK sekitar jam 6 sore rencana mau langsung ke Shenzhen dan nginep disana, kira2 masih buka ga ya kantornya? Dan untuk tau kapan VOA tutup krn ada event cari tau dmn ya? Tks

    • Hi cHi-Q Destriana,
      Jam op immigration control setau saya tidak menentu apalagi kalau ada event diantara kedua negara, kadang gk buka.
      satu lagi klo bisa jangan di jam sibuk pagi atau menjelang sore, dipastikan akan sangat puannjaaangggggg, mending nginap dulu 1 malam di HKIA.

  11. Mas Egi mau tanya dong, Kalo udah dapet VoA untuk ke ShenZhen itu bisa dipake buat ke mainland ga? GuangZhou contohnya?

  12. Aku baca disuatu web, ada yang billing visa shenzhen coma bisa diwilayan itu aja….aku jadi mengurungkan niat ke guangzhou 🙁

  13. Malam Gan .. saya nanti rencananya akhir taun mau kesana dri HK , pada saat minta Visa , perlu dibawa passport lama gak ya ? Soalnya passport baru saya masi kosong , tapi passport lama saya udh pernah ada visa china nya .. thx
    Oiya sama 1 lagi , untuk kendaraan di shenzhen susah and mahal gak ya ? Thx

    • Hi Peter,
      Visa China nya masih valid gak? Utk passpor lama sebaiknya dilampirkan saja utk bahan pertimbangan IC disana.
      utk kendaraan kemarin saya prefer pake Metro (MRT) karena sudah menjangkau seluruh Shenzhen.

  14. Hi egi, mau nanya ada kontak number buat org di hongkong bisa pengurusan visa express untuk ke china ga ya? Urgent.. saya belum bikin visa dr indonesia.

  15. Hallo Mas Egi, salam kenal.
    Saya akhir bulan ini kebetulan mau k sz dan berencana pakai voa d lowu.
    Itu confirm ya mas tidak bisa proses voa nya untuk paspor Indonesia?
    Makasih ya.

  16. Hello mas egi, untuk voanya sudah ada berita terupdatenya blm ya terkait ditutup buat passpor indonesianya? Soalnya tidak ada berita resmi terkait hal ini juga di kedubes china yg di jkt. Thanks

    • Hi Ayuannisa, Sampai Agustus 2016 masih seperti itu. Mudah-mudahan kemudian hari ada update solusi yang lebih baik dan tentunya akan saya update pada artikel ini, keep follow aja ya.

      • Sipp mas, hanya saja kalaupun apply visa dr Indo juga butuh tiket pp china mas padahal tiket yg sudah sy issued it pp dr HK. itu gmn ya mas? Thanks

        • Saya rasa, tinggal diberi sedikit pemahaman saja saat mau apply visa China, bahwa mau masuk SZ (mainland China) via HK.
          Tetap semangat ya, semoga granted ^_^

          • Mau tidak mau harus urus sendiri (misal pas saya pergi VOA masih temporary closed) untuk visa chinanya. Karena smpat tanya travel agent mereka terkesan gak mau repot, dan menyarankan untuk issued tiket PP ke China untuk syarat apply visanya. Masih menanti keajaiban VOA buka lagi sih, karna dari segi biaya juga lebih murah. Hehehe.. but tetep prepare for the worst. Hihi.

          • oh apply Visa China nya via agent travel ya? kenapa gk urus sendiri aja, kan Visa China tidak susah malah cenderung mudah.

  17. Mas Egi mau bantu update info. Saya tlp kjri di hongkong memang betul VoA sedang ditutup dan info mereka sampai tgl 15September 2016 (bisa maju atau mundur). Jd better memang persiapan visa dr Indonesia aja krn pihak kjri di HK pun ga bisa bantu utk terbitkan.

    Penutupan Voa tdk hny utk Indo tp malaysia, korea jg sama.

    Cmiiw barangkali ada info lain lg

  18. Hi mas mau tanya nich klu visa qt plancong dri hkog bisa appky visa china gak yg 5 hri tlong infonya kq ckrg ktanya gk bisa ada solusinya gak… Dan klu qt apply yg occuption diisi apa klu qt turis nksih

    • Hi Hurt,
      Saya agak binggung mengerti dengan poin pertanyaan Anda, maksudnya mau apply visa China di Indonesia kah?
      atau
      Anda mau ke HK dengan visa China? Jika iya, untuk WNI tidak diperlukan visa untuk entry HK selama 30 hari.

  19. hi mas mau nanya nih , apply visa ke china skrg kan udh diberlakuin peraturan baru juga berhubung ada G20, semua visa yg terbit drtahun 2014-2016 smua ditolak, kirakira itu bisa pulih lagi sktar tgl 15sept jg ga ya?
    saya sm tementemen yg mau sklh disana mau apply visa tp ditolak jd harus tinggal kelas,dan katanya awal oktober bru bisa apply lg

    • Hi Hannn,
      Iya akhir- akhir ini kebijakan imigrasi China agak kurang bisa dipahami, ya kita sama- sama berdoa agar kebijakan sekarang segera pulih seperti sedia kala nanti per 15 sept ya ^_^.
      Tetep semangat ya dalam menempuh pendidikan di negeri tirai bambu.

  20. Halo, pada tanggal 8 September akan ke SZ melalui HK
    Apakah sampai skrng VOA memang belum bisa di apply?

    • Hi Suwarti, informasi Agustus kemarin masih ditutup sementara VOA for Indonesian, jadi apply Visa China di Jakarta.

      • Halo Egi, Kalau rencana dari HK-Macau-Zhu hai- Shen Zhen.
        Apakah bisa rute seperti ini?

        • Bisa aja, gk masalah itu menurut saya tp tentunya dengan Visa China ya.

          • Halo Egi, terima kasih atas jawabannya
            Apakah ada cara lain dari HK ke SZ?
            Soalnya waktu sudah mepet, tidak bisa minta visa China lagi

            Di tunggu jawabannya

          • Ya pastinya cara untuk bisa masuk ke suatu negara lain pastinya harus dibutuhkan permit dalam hal ini disebut VISA, jadi mau tidak mau harus urus visa.
            Kalau dikarenakan waktu yang mepet, coba aja tanya ke pihak terkait dan kalau perlu beri sebuah memo, as far as i know itu bisa tapi kembali lagi sih itu kebijakan dari pihak terkaitnya.
            Ada info tambahan yang saya baca, katanya Immigration China ketat gara- gara ada pertemuan G20 kemarin, ya mudah2an setelah itu kebijakannya kembali normal.

  21. Mas mau nanya,untuk bulan depan bisa ga yaa voa dr hk ke shenzen? Untuk biaya’nya kebih murah ngurus di hk atau dr jakarta yaa untuk visa’nya? Thanks mas..

    • Hi Nila,
      Ya mudah- mudahan aja ya sudah kembali normal. Ada info tambahan yang saya baca, katanya Immigration China ketat gara- gara ada pertemuan G20 kemarin, ya mudah2an setelah itu kebijakannya kembali normal.
      Masalah biaya, menurut saya 11 12, malah lebih enak urus Visa langsung di Jakarta, karena duration of stay pastinya lebih lama.

  22. Mau nanya nih… tanggal 16 besok saya mau ke SHENZHEN CHINA. … tapi saya TKW HONGKONG. ..apa saya bisa masuk china tanpa mengurus data…. karena saya cuma kesana 1 hari… mohon jawaban nya

  23. Apakah VOA uda bisa di proses untuk passport WNI di Shenzhen sekarang?

  24. mas egi, saya rencana ke shenzen tgl 25 &26 oktober 2016 apakh sdh bs urus VOA dsna?

  25. oiya mas egi, rencana ke shenzen mau main ke window of the world, splendid of china, dan dongmen.enaknya menginap di hotel daerah mana yg dkt dgn tujuan wisata tsb?

  26. mas, kl apply voa masuk dari luoho apakah bs keluar via shekou port?
    trims

  27. Mas.. mau tanya.. itu voa shenzhen beneran bisa ke guangzhou?

  28. mas egiiiii aku bisa VOA China!! yeeeeee setelah degdegan td applynya akhirnya happyyyy deh.

    • Alhamdullilah, ikut senang saya membacanya. Selamat ya~ akhirnya…
      have nice trip mbak

      • Fyi kemarin aku bayar rmb 168.
        Oiya untuk josh 10, menurut aku klo mau ke guangzhou mending lbh aman si apply visa china dr negara sndri. Klo VOA shenzhen ke guangzhou baliknya ke shenzhen lagi ya.
        Cari tau dulu aja.
        Kaya aku cari2 tau soal VOA kmrn dan akhirnya nemu blogegi yg ksh brta2 baguss hehehe
        Thankyou so much mas egi.

        • Berarti biaya VOA nya masih sama ya.
          Alhamdulillah, visi BlogEgi.com berhasil membantu orang lain dalam mendapatkan informasi berdasarkan pengalaman pribadi ^_^

        • Iswati dwi wulandari

          Hi kan aprilia,,nanya donk,,kmrn aply voa nya dari hk langsung apa dr indo ya kak,,
          Tq
          Aq juga lagi bingung

          • kemarin apply di lgs. Go to the Lo Hu metro station in Hong Kong.
            kemarin si aku udah bisa, problem sblmnya nya agak susah untuk passport th 2014 kalau ga punya passport lama. nah kebetulan aku tahun 2014 dan ga punya passport lama pas lagi di tutup kmrn bikin dr indo pun di tolak. tp stlah sudah kembali normal kemarin coba alhamdullilah bisa. dia cm tnya dr mana dan tujuan nya kmna. aku blg cm shenzhen trs dpt permitt 5 hari.

  29. mas egi, mau nanya.. ak mau daytrip ke sz, paling pagi jam brp yah nyampe sana biar antrinya cm 10menit gt kek mas egi? trs brarti baliknya paling malem sblm jam 8 yah? kan imigrasi control sampe jam 8 katanya? tq mas

    • Hi Sherly, untuk paling pagi setau saya jam 8-9 udh dibuka tapi FYI jam segitu rush hour, bakal lama di immigration controlnya.
      Nah untuk pulang nya juga sama, jam terakhir klo gk salah juga sd jam 9, tp lagi2 itu rush hour.
      Jadi bisa aja utk oneday trip tapi harus siap aja lama antrinya hhheee.

  30. Hai Mas Egi, aku rencana bulan November mau ke Shenzhen dari Macau pake Ferry.. denger2 ga bisa apply VoA ya kalau dr Macau? bener ga? jadi amannya mending urus Visa China dari Indo aja ya? Thanks for the reply ^^

  31. Iswati dwi wulandari

    Misi gan,,ane rencana mo ke china,tapi mo urus visa nya langsung dr hk kira2 aman ga ya,,?
    Saran terbaiknya gimana
    Tq be 4

    • Hi Iswati,
      Kalau ditanya aman? Ya aman gak aman, karena Immigration control di border HK- SZ “suka- suka mereka” alias tidak ada jadwal yang bisa kita pantau. The best choice ya apply visa China di Jakarta.

  32. Iswati dwi wulandari

    Sorry mas egy,,tadi pertanyaan kurang lengkap xixixixi sy rencana ke china tgl 15 november trus mo ngajuin visa nya langsung dr hk lo wu kira2 bisa ga ya? Soalnya kemaren sy dah ajuin di indo tepatnya tgl 17 kemaren tapi ga di approve
    Minta saran donk mas,,lagi bingung ini nich

  33. hai saya berancana ke shenzen via hongkong tanggal 24 october.
    pertanyaan ku :
    1. VOA masih bukan kan ehehe
    2. dari shenzen bisa ke guangzhou sampai guangzhou harus laporan lagi atau cuss nyelonong aja pak?
    3. ada rekomen ga berapa hari di guangzhou yg cukup (mengingat cuma 5 hari voa nya)

    terima kasih

  34. Hai..minta tolong infonya yah, rencana mau ke Shenzen via HK di awal Nov, pertanyaanku:
    1. Nginap di Nathan road, katanya dekat sekali dengan MTR Tsim Sha Tsui (bukan east Tsim Sha Tsui yah), nah kalau dari MTR Tsim Sha Tsui ini langsung pilih yg ke Lo Wu yah ?

    2. Karena waktu nya mepet, jadinya cuma pergi pagi pulang malam aza, boleh diinfo tempat2 wisata yg bagus di Shenzen apa aza yah? Mudah gak yah transportasinya? Dan seperti di HK gak mudah via MTR atau bus pakai octopus card untuk jalan2 nya ?

    3. Apakah HK$ berlaku untuk belanja2 di Shenzen ?

    Thanks yah sebelumnya.

  35. oh ya 1 pertanyaan lagi :
    4. Kalau mau pulang nya ke HK apakah harus ke kantor Imigrasi lagi? Apakah bisa langsung saja naik MTR ke Tsim Sha Tsui ?

    Thanks again.

  36. Hi mas..mau tny ni sy ada sisa visa china se x dari medan..nah klo mau dr shenzhen ke HK kan otomatis uda gk bisa ya..klo urus Voa di airport shenzhen bisa gak ya? Klo bs gmana ya caranya

  37. mas Egi, boleh tau dapet info dari mana voa bisa dipake sampe Beijing? ini rencana trip HK-SZ-Guangzhou-Macau, tapi pengen sekalian ke Beijing kalo bisa pake voa hihihi…

  38. Dik Egi. Saya harus ke HK besok malam dan tgl 24 Nov sd 28 Nov ke SZ. APakah VOA SZ sudah berlaku lagi? Ngeri ngeri sedap nih kalau ga bisa dapat. Thank you ya.

  39. mlm ms egi,,mohon detilnya,,klu untuk voa apa saja yg hrs di tulis atau di isi dlm SAC tersebut,,mohon penjelasan,,maaf

  40. khusus nya voa untuk shenzhen mas egi..mohon penjelasanya

  41. VOA untuk indonesia passport holder jadi sudah resmi dan sah bisa apply di sana nih?rencana berangkat 15 desember 2016 nih, masih ragu dengan VOA sudah benar2 dibuka atau masih ditutup, mohon jawabannya

  42. apakah VAO visa china bisa apply di sana untuk masuk Ke Shenzhen Dari Hong Kong? Bisa Bantu info segera karena kami rencana berangkat bulan ini… tq

  43. Yustina Widyayanti

    Maaf kalo desember VOA shenzhen msh bisa ga?

  44. Dear, mas egi, untuk proses VOA menggunakan jasa p. jhonny bagaimana caranya ya? dan metode pembayaranya seperti apa?

    • Hi Ayu,
      Tinggal hub via WA aja, nanti beliau renspon. Sila tanya aja langsung utk metode pembayarannya.

      • voa dr hkg ke shenzen apakah masih dibuka,,, mau berangkat minggu depan rencananya mas egi..

      • halo blogegi 🙂
        sebelumnya saya sudah mengajukan pertanyaan di Line, tapi sepertinya tidak dibuka, jadi saya coba tulis di sini dengan harap dibalas…hehehe. pertanyaan yg saya ingin ajukan adalah:
        1. saya mau pergi ke shenzhen tgl 2Jan2017, apakah kita harus apply VOA nya di indo? krn saya liat di website lain, utk pemegang paspor indo/filipin hrs terlebih dahulu apply di konsulat gitu..
        2. utk apply VOA tsb apakah kita hrs punya visa china / history ke china terlebih dahulu?
        terimakasih sebelumnya 🙂

        • Hi H3nny,
          Maaf untuk layanan Line sepertinya akun nya rada error ~_~.
          1. Boleh tau website mana ya?
          2. Sejauh ini info dan berdasarkan pengalaman pribadi tidak perlu kok, selama passport masih valid 6 bulan kedepan, bisa apply VOA.

  45. Dear mas egi,
    Sampai saat ini masih confirm ya voa nya bisa?
    Soalnya isu voa sudah tdk bs masih sering terdengar

  46. mas egi, mau tny donk,, december 24 ini mau ke hongkong,dari aiport bisa lsg ke shenzen,,voa harus di lowu ya? masih open voa nya..

    • Kalau dulu dari HKIA bisa VOA ke SZ, tapi yang ini saya kurang dapat infonya apakah masih valid atau tidak. Yang banyak apply VOA itu dari port Lo Wu, kalau masnya dari HKIA, bisa naik BUS ke kota lalu lanjut naik MTR ke Lo Wu.

  47. Halo bang Egi, trimakasih untuk infonya, kebetulan Januari saya juga mau mengunjungi hk-macau dan Shenzen..
    Jadi g masalah ya kalo kita nulis alamat hotel d SAC hotel kami yg d HK.. karna perlunya hanya 1 hari saja.. atau kalo hotel di Shenzen cman print bokingan hotel dan belum d bayar gimana?

  48. Hi egi mo tanya dong voa shenzen masih di buka kan soalnya temen saya hari ini apply tp di tolak. Rencana tgl 14 jan saya jg mau k shenzhen.. saya baca comment di atas apply visa voa bisa melalui pak jhonny bs minta contact no. nya ga? Makasih

  49. hallo mas mao nanya donk,td comment atas ada penolakan apply voa ya bt paspor thn brp pnya?klo paspor th 2017 n masi baru bisa apply ga ya?tlg infonya ya..tq

  50. Bulan maret apa masi bisa urus voa? Kantor imigrasi klo ke guangzhou tutup jam brp ya mas?

  51. Hi Egi,, ada update terbaru ga untuk VOA Shenzhen di bulan Mei buka atau tidak?
    saya coba nanya mbah gugel, belum ada yang update… hikss….
    atau bisa infoin ga harus hubungi kemana untuk nanya ini… makasih…..

  52. hi egi bln juni akhir 2017 ak mau ke macau trs lanjut ke shenzhen.mau tanya apa ada ferry dr macau ke shenzhen?utk visa on arrival cara buat gimana?apa hrs ke hk dulu nyebrang ke shenzhen?

  53. Haiii mas egi slam kenal yah…..mas mhn infonya nih apakah ada update terbaru utk voa sehenzen di kisaran tgl 23/24 juni ? Tks ya mas

  54. Hi egi..awal juni aq mo ke SZ,mohon info utk VOA di lowu..krn sy mendapat info saat ini pelayanan VOA tutup. Thanks

    • Hi Lily, justru saya mau validasi, yang menyatakan info pelayanan VOA tutup dari sumber siapa ya?

      • saya mau share pngalaman saya kemarin ke Shenzhen dari HK.
        VOA untuk WNI bisa kok, syaratnya seperti yang ada di blog ini, siapin aja semua dokumen lengkapnya dan uang pembayarannya….

        oiya kemarin (tgl 7 Mei 2017) saya masuk dari Lowu, ga pake ribet cuma ya sedikit antri aja…. goodluck buat teman2 yang mau ke Shenzhen, enjoy your trip 🙂

  55. Haloo kak
    Tadi uda chat di line cuman belum dibalas
    Mau nany ni
    Tgl 19 juni ini aku mau ke shenzhen dr hongkong
    VOA nya nerima wni ga? Takutnya ga bisa ntar malah stuck di hongkong 🙁

  56. Hi egi
    Mau nanya donk
    Klo request voa, ternyata gagal, hotel yg sudah dipesan di shenzhen gimana tu?
    Lalu kalau masuk via lo wu, lalu keluar via shekou ke macau, apakah bisa?
    Thanks

    • Hi Son,
      Sebaiknya pesan hotel via Booking.com dan pilih yang gratis jika dibatalkan.

      Jika keluar beda port, setau saya tidak bisa, tapi sebaiknya cari informasi lainnya untuk lebih yakin.

      • ikutan share ya…
        kemarin saya masuk dari Lowu (HK) terus keluar dari Shekou menuju Macau.

        perlu diketahui juga free cancellation itu kalau dibatalinnya di hari H, kena charge juga meskipun bookingnya lewat booking.com.

        semoga membantu….

  57. Halo pak.

    Mau tnya klo ajukan voa ke shenzen lwt Hkg. N kemudian kami dri shenzen lgsg ke macau apa bisa ? Krn beli tiket pp ke jkt lwt macau semua. Apa bisa lgsg dr sz ke macao tnpa kembali lg ke hkg yg mrupakan negara asal ajukan voa. Tks pak.

    • Halo Ismail Huang,
      Setau saya tidak bisa jika punya VOA beda hal jika punya China, saya juga dulu dari SZ mau langsung ke Macau tapi saya mampir dulu lewat HK, karena ternyata tiket kapalnya lebih murah.

      • bisa kok voa dr lowu trs balik lewat shekou lgsg ke macau.
        bulan mei kemarin saya kaya gitu…. Alhamdulillah lancar sentosa 🙂

        • BTW kemarin naik ferry SZ- Macau berapa yuan skrg?

          • ini rincian book tiketnya kemarin

            > Departure Date: 09 May 2017 09:45:00
            > Route: ZYK>>MAC
            > Class: Economy
            > Fee: $238
            > Tax: $0

            saran aja, mending beli tiketnya online soale kemarin itu sempet baca ada yg go-show tp ga dpt tiket n baru dpt yg sore, jd waktunya kebuang percuma….

          • Wow makin mahal aja ya, kalau utk berhemat opsi via HK, tp utk lebih simple opsi direct ferry. sekarang emang better via online apalagi jika dari KLOOK, gede diskon nya hhee.

      • Boleh kok januari kmrn saya dr shenzhen lgs k macau tp abis itu balik lg k hk soalnya baliknya dr hk

  58. Halo mas Egi salam kenal .. setelah baca komen” diatas seperti hoki-hoki an juga ya utk apply visa shenzhen by lo wu station border.

    Oya mas .. saya cuma ingin memastikan lagi .. apa mas sendiri pernah coba VOA shenzhen terus seberang ke GZ atau BEIJING dan keluar tetap SHENZHEN ?

    soalnya saya baca-baca Info bahwa VOA shenzhen hanya boleh main seputar shenzen

    Terima kasi

    • Hi Hendra, bukan hoki- hokian tp lebih tepatnya tergantung mood petugas imigrasi disana hhee.

      Jika sudah ada VOA, jangan kan sd Beijing, mau sampai Urumqi juga boleh2 aja.
      FYI, Voa diberikan hanya max 5 hari aja, jadi hari ke-5 harus sudah siap out dari border SZ lagi.

      • mas egi, kayanya mas hendra bener deh. VOA Shenzhen hanya blh di Shenzhen aja, beda dengan Visa yg kita urus di kedutaan disini….
        ada ketentuannya deh di visanya itu, sayang paspor sy di rumah jadi ga bisa bantu cekin…. cuma yg saya gatau kalau naik kereta ke kota lain dr Shenzhen itu ada pemeriksaan imigrasi lg atau ngk…. kalau ngk ada berarti aman, asalkan ga overstay n keluarnya dr Shenzhen lg aja… hehehehe…. CMIIW

        • Tidak mbak, saya ada temen yang pernah keluar SZ dgn VOA. Lagian tau darimana mereka kalau kita keluar SZ, lagian SZ itu kan China, jadi selama masih di China tidak masalah, asal pas keluarnya ontime sesuai permit duration of stay.

      • Thanks mas Egi .. saya ada tanya bagian travel bisa juga ke GZ gak ada masalah memang, tapi jika kita ingin book hotel nanti pasti di liat VISA kita jadi ada resiko juga.

        Btw Shenzhen orangnya gimana mas? lebih jutek dan kasar dr HK ya katanya?

        Regards

        • Nah utk petugas Hotel, emang tidak semua mengerti ttg aturan jelas dari VOA SZ, jadi tugas kita mengEdukasi mereka bahwa tidak ada aturan yang dilanggar.

          Kalau orang di SZ, seperti biasa saja, kalau jutek sih itu tidak semuanya pastinya. Cuma secara umum mereka sedikit kurang teratur dengan HK, ini pendapat pribadi saya.

  59. Mas Egi, saya rencana mau ke HK agustus 2017 ini. Dr hK mau lgs ke xiamen naik kereta. Status nya saya punya visa china X1 dr indo, apakah saya harus urus VOA di shenzhen? Karena sy akan lewat SZ. Atau sy bs masuk menggunakan visa pelajar saya? Mohon info nya.

    • Hi Lisa sasa, kalau sudah ada visa China, tidak perlu lagi apply VOA di SZ. Nah diakhir bahwa visa China nya pelajar ya? pertanyaan saya, ke Xiamen dalam rangka tujuan apa? apakah study?

  60. Iya study mas egi. Thanks info nya ya mas.

  61. kak, saya agustus mau ke SZ tp lewat HK, btw aman ga kak kesana sndirian? mau nyoba dapetin VOA kyk trip nya kak egi di atas, thanks sebelumnya

  62. Kak sy barusan tgl 16agustus 2017 ditolak ajukan voa di border shenzen-hongkong.. sebelumnya jg ada 2 rombongan keluarga wni dan ada wna ditolak dengan berbagai macam alasan

  63. hi…mohon bantuan update sy dan teman2 mau k HK dan SZ tgl 15 sept nanti, apakah VOA shenzen masih bisa kan?? mohon infonya….

  64. halo mohon update apakah VOA for WNI ke Shenzen msh berlaku?
    terimakasih

  65. hallo mau tanya apa VOA Shenzhen masih bisa untuk WNI ya ? dan dimana ya bisa lihat info resminya soal VOA Shenzhen untuk WNI thank

  66. hallo mau tanya dong VOA masih bisa di apply gak yah sama WNI ? thank you

  67. Halo Mas Egi, mohon info, VOA utk WNI ke shenzhen masuk dari HK masih berlaku kah? rencana ke sana juni 2018. kalau saya baca di https://hktravelblog.com/china/getting-a-visa-on-arrival-in-shenzhen/ di sini sic katanya sudah gak bisa. tapi kalau tanya di https://www.travelchinaguide.com/embassy/visa/service.html sic katanya masih bisa. Mohon bantuan update info nya mas egi… Thanks before.

    • Hi Erlina,
      Thanks atas sharingnya, saya sudah baca yg HKTravel, saya lihat updated nya 10 Oktober 2017, 2017 itu emang sempet VOA for WNI ditutup sementara gara2 ada summit G20 kalo gk salah ingat saya, tp beberapa bulan langsung dibuka kembali hingga kini.

      VOA SZ emang agak sulit mencari informasi akurat terbarunya selain kita sendiri yang harus ke perbatasan itu, Enjoy ur trip.

    • Michelle Kurniawan

      Halo erlina..
      Boleh bagi pengalaman nya kmren, terkait voa shenzhen? Rencananya saya awal juli mau main kesn.
      Terima kasih

  68. Citra Oktaviani

    Hi Egi, mau tanya kembali nih update pertanyaan yg diatas. Utk voa shenzhen kira2 masih applicable ga ya? Atau baiknya apply visa china walaupun cuma akan pp dri hk? Terima kasih 🙂

    • Hi Citra Oktaviani, iya masih open. kalau saran saya apply visa China adalah opsi terbaik karena VOA SZ itu mood2an gtu, kita agak susah cari informasi yg official kalau hari ini open atau tidaknya.

  69. Hai Egi mau tanya bulan juni tgl 27 dari Hong Kong mau ke shenzhen passport indonesia bisa minta visa di lowu gak?

  70. Halo kak Egi. Aku mau tanya semisal aku mengajukan VoA SZ dari tanggal 4, maka aku harus kembali ke imigrasi utk keluar dr mainland via SZ tgl 8 atau 9 ya kak hitungannya? Thanks kak, tolong ya kak urgent

Komentar yuk, ketik dibawah: