PERHATIAN:
Home / Eropa / Belanda / Cara menuju ke Kota dari Bandara Schipol, Amsterdam dengan bus

Cara menuju ke Kota dari Bandara Schipol, Amsterdam dengan bus

BlogEgi.com, Saya masih tidak percaya kalau saya berhasil lolos imigrasi Schengen dan sudah menginjakan kaki di tanah Belanda #ohGod hhhaaa. Saya pun mencoba mengitari sebentar bandara Schipol. Karena saya tidak membawa Euro dan hanya membawa Dollar US maka saya segera menukarkan dahulu Dollar saya.

Beres, saya langsung keluar dari Bandara. Seketika saya binggung guys kemana nih langkah kaki saya. Bertanyalah pada petugas disana, katanya lurus keluar pintu lalu belok kiri. Ok ok om.

BlogEgi.com00000028699

Ternyata langsung depan bandara itu adalah kaya semacam terminal bus gitu guys, semua bus dari penjuru Belanda hadir disini. Karena saya mau ke Amsterdam Centraal maka bus yang akan saya naikin adalah no 197. Dari kejauhan saya melihat bus 197, langsung saya lari untuk menghampirinya.

BlogEgi.com00000028697

Saya pun baru ingat, bahwa saya belum memiliki tiketnya. lalu saya mencoba bertanya pada seseorang, ternyata saya salah orang deh, doi turis juga hhhaa. Saya melihat ada orang berjaket merah (lihat gambar diatas) dengan berlogo Connexxion (salah satu perusahaan transportasi di Belanda), ternyata doi petugas daratnya, dan doi pun menyuruh saya membeli di ticket box yang ada disebelah.

BlogEgi.com00000028698

Saya: “Mister…mister, saya mau beli tiket bus 197 menuju Amsterdam Centraal satu ya!”

Petugas: “five Euro”

BlogEgi.com00000028701

dan tiketnya saya berhasil membelinya, pas balik badan yaahhhhh busnya udah raib #sad. Terus saya tanya ke petugas jaket merah yang pertama, katanya “Sabar mas, bus disini tidak lama kok hampir tiap 15 menit selalu ada”. Oh lega deh kirain lama hhhee.

Bener saja, tidak lama kemudian, bus 197 tiba untungnya tidak banyak antrian penumpang seperti bus yang awal tadi. Jangan lupa tunjukan tiket yang sudah dibeli tadi ke supir.

BlogEgi.com00000028703

Perjalanan kira- kira kurang lebih 30 menitan guys. Selama perjalanan saya mengamati lokasi saya dari Google Maps, tibalah pada akhirnya semua penumpang udah pada turun semua dan hanya tinggal saya dan supir tertinggal. Bus pun berhenti dan pintu terbuka, hah kok berhenti ya tanya dalam hati padahal belum sampai Amsterdam Centraal.

Saya coba tanya ke supir “Ini Amsterdam Centraal ya om?”, jawab doi “Oh bukan ini last stop, Mas nya silahkan lanjut dengan tram”. Seketika saya binggung, kok gak sampai Amsterdam Centraal ya, yasudah saya pun keluar dan berhenti sejenak di halte, untungnya terdapat free wifi #horee. Saya googling gimana untuk lanjut ke hotel saya.

Setelah paham, oke saya mengikuti instruksi di Google Map, perjalanan saya dilanjut dengan tram no 14 dan berhenti di Rembrandtplein. Dari Rembrandtplein saya tinggal jalan kaki untuk menuju ke Stayokay Hotel (baca disini ulasannya).

Tibalah saya di hotel, Alhamdulillah. Jujur saya masih penasaran dengan rute bus 197 tadi, kenapa tidak berhenti di Amsterdam Centraal. Setelah ditelaah ternyata emang bener, bus 197 itu tidak sampai ke Amsterdam Centraal. Tempat pemberhentian terakhir di Leidseplein. Jika mau baca info lanjut tentang bus 197 silahkan baca disini atau disini ya guys.

Berikut rute lengkapnya guys:

Capture

Ya begitulah guys pengalaman saya naik transportasi pertama kali di Belanda hhhhaa.

Egioto

About Egi Fahridho A

I always wonder why birds stay in the same place when they can fly anywhere on the earth. Then I ask myself the same question. Please be a traveler, not a tourist. Try new things, meet new people, and look beyond what’s right in front of you. Those are the keys to understanding this amazing world we live in. I’m in love with traveling.

Cek Juga Guys

Tiket promo KL ke Iran (My Persia Kaukasus Trip is coming) hanya 2 jutaan PP

BlogEgi.com, banyak orang bilang “I Hate Monday” tapi tidak berlaku buat saya, karena saya mendapatkan …

6 comments

  1. Seru banget blognya… compliment..
    Ngomong2 knp2 ngga naik kereta dr airport ke amsterdam central , lbh cepat dan harga lbh murah , bis mah muter2.. Tapi adventure seru ha ha

  2. Apa bisa beli sim card di Airport saja ?

  3. Mas mau tanya dong…kalau ke bandara schiphol jam pagi2 buta..ada gak sih kereta/bus menuju bandara dari kota.krn flight ku ke findland jam 7 pagi..hiks mohon saran..dan apakah aman kita cewe pagi buta jam 2an naik transportasi umum…

Komentar yuk, ketik dibawah: