PERHATIAN:
Home / Asia / Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

BlogEgi.com, Setelah dari Pantai Jimbaran, saya langsung bergegas menuju Garuda Wisnu Kencana (GWK) hanya diperlukan waktu 15 menit saja untuk kesini.

1xx

Deket kan guys, lagian jalanan di Bali itu enak banget guys karena masih sepi dan banyak pohon gitu jadi lebih rindang. Cuma satu kekurangan jalan di Bali itu yaitu jalanannya sempit- sempit tapi tidak semua ya guys.

Sedikit yang saya pelajari dari om Google bahwa Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12 meter #wow.

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut. Patung ini nantinya setelah selesai akan menjadi patung terbesar dunia dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter dan akan mengalahkan patung liberty. GWK ini merupakan mahakarya dari seniman Bali I Nyoman Nuarta yang berada di daerah Bali Selatan tepatnya di bukit Unggasan. Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

BlogEgi.com00000014687

Jika menemukan patung tulisan GWK ini bertanda kalian sudah mau sampai guys karena ini adalah gerbang awalnya, ambil belok kiri dan tinggal lurus saja. Kira- kira 1 menit dari gerbang utama akan disapa dengan petugas parkir. Harga parkir untuk sepedah motor Rp 5000 dan belum tiket masuknya, tiket masuk nanti dibayar terpisah didalam.

BlogEgi.com00000014695

Segeralah mencari tempat parkir yang berjarak beberapa meter dari sini. Untuk parkiran motor posisinya agak menurun kebawah gitu tempat parkirnya tapi nanti jelas kok arahan petunjuknya.

BlogEgi.com00000014696

Saya langsung mencari tempat pintu masuknya yang berada diatas.

BlogEgi.com00000014699

Tuh terlihat pintu masuknya guys yang deket dengan mobil new Avanza. Sebelum cusss kedalam ada baiknya baca dahulu informasi ini guys, sebagai berikut:

Ini objek wisata yang ada di GWK:

BlogEgi.com00000014702

Ini peta denah dari GWK:

BlogEgi.com00000014701

Ini adalah jadwal harian pertunjukan tarian:

BlogEgi.com00000014700

Fasilitas sewa segway:

BlogEgi.com00000014703

Jadi dalam tiket masuk GWK ini sudah termasuk informasi diatas lengkap dengan nonton tarian kecuali Segway nya ya itu baru ada biaya tambahan. Setelah mengerti semua informasi diatas baru deh saya masuk kedalam.

BlogEgi.com00000014704

Karena saya Orang Indonesia dewasa maka saya harus membayar sebesar Rp 60.000 per sekali masuk. Pembayaran bisa menggunakan cash atau dengan kartu kalau dengan kartu minimal belanja Rp 150.000. Setelah itu saya diberikan tiket masuk, dan tiket masuk itu akan discan di pintu masuk yang dibantu dengan petugasnya.

BlogEgi.com00000014706

Selamat datang di GWK guys, saat itu saya tiba jam 10 pagi jadi tempat ini masih sepi enak buat foto- foto karena tidak banyak orang hheee.

Tempat pertama yang saya kunjungi adalah plaza kura- kura, jadi tempat ini berisi kolam yang tenang lengkap dengan patung kura- kura gitu guys.

ku

Diatas dari plaza kura- kura ini terdapat anak tangga menuju Plaza Wisnu tapi sebelum naik keatas, saya disapa oleh petugasnya dan diberikan sebuah selendang kuning untuk diikat dipinggul, keluar dari Plaza Wisnu nanti berikan kembali selendang itu ke petugas yang ada disana.

Terdapat juga patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu. Ini merupakan salah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana lengkap. Karya ini ditempatkan sementara di daerah Tirta Agung.

Patung tersebut berwujud Dewa Wisnu yang dalam agama Hindu adalah Dewa Pemelihara (Sthiti), mengendarai burung Garuda. Tokoh Garuda dapat dilihat di kisah Garuda & Kerajaannya yang berkisah mengenai rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga apat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot #jauhKan. Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia guys. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter. Jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty guys.

BlogEgi.com00000014562

Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.

BlogEgi.com00000014630

Terletak diatas dataraan tinggi batu kapur padas dan menatap kawasan wisata dipesisir selatan Bali, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park adalah jendela seni dan budaya Pulau Dewata yang memiliki latar belakang alami serta panorama yang sangat mengagumkan. Dengan jarak tempuh 15 menit dari Pelabuhan Udara dan kurang dari satu jam dari lokasi perhotelan utama, GWK menjadi salah satu tujuan utama untuk berbagai pertunjukan kesenian, pameran dan konferensi ataupun kunjungan santai bahkan kunjungan spiritual. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia.

BlogEgi.com00000014756

Setelah puas bermain di Patung Wisnu dan Patung Garuda nanti akan berakhir di Lotus Ponds. Tidak lengkap kalau ke GWK tidak menonton sajian tarian khas Bali. Saya langsung menuju ke Gedung Amphitheater.

BlogEgi.com00000014502

Selama pertunjukan tarian khas Bali seru banget guys, sajian budaya Bali emang sangat unik dan memukau. Mereka memiliki banyak karakter yang bisa diceritakan, jujur saya sangat suka dengan semua hal detail tentang Bali.

Next Prev
BlogEgi.com00000014761
BlogEgi.com00000014759
BlogEgi.com00000014760
BlogEgi.com00000014764
BlogEgi.com00000014763
BlogEgi.com00000014758
Next Prev

Pada akhir tarian, para penoton diperbolehkan foto bareng oleh semua penari, kalau saya foto bareng semua tapi saya paling suka dengan foto bareng ini guys (dulu waktu kecil saya takut banget dengan topeng orang, ondel- ondel, dkk tapi sekarang saya sudah berani hhaaa).

BlogEgi.com00000014745

Karena waktu sudah menunjukan pukul satu siang, maka saat saya keluar dari GWK karena saya akan menuju ke Pantai Pandawa.

Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah ini ya guys.

Egioto

About Egi Fahridho A

I always wonder why birds stay in the same place when they can fly anywhere on the earth. Then I ask myself the same question. Please be a traveler, not a tourist. Try new things, meet new people, and look beyond what’s right in front of you. Those are the keys to understanding this amazing world we live in. I’m in love with traveling.

Cek Juga Guys

Tiket promo KL ke Iran (My Persia Kaukasus Trip is coming) hanya 2 jutaan PP

BlogEgi.com, banyak orang bilang “I Hate Monday” tapi tidak berlaku buat saya, karena saya mendapatkan …

Komentar yuk, ketik dibawah: