PERHATIAN:
Home / My Trip / AirAsia Trip 2015 / Johor Bahru ke Singapore naik Bus Causeway Link

Johor Bahru ke Singapore naik Bus Causeway Link

BlogEgi.com, Singapore dan Johor Bahru adalah bertetanggaan karena memang sangat dekat guys, ibarat kata nih kalau Anda bisa berenang, yuk silahkan berenang aja hhaaa.
Enaknya lagi di dua kota itu terdapat bandar udara skala internasional guys. FYI ya guys, tiket AirAsia Bandung- Johor Bahru dan Bandung- Singapore lebih banyak murahnya yang ke Johor Bahru. Nah jika tujuannya adalah Singapore tapi tiket kesana mahal, coba cek yang ke Johor Bahru. Nanti dari Johor Bahru Anda bisa menggunakan bus atau kereta untuk sampai ke Singapore.
Kali ini saya ingin bercerita dari Senai International Airport Johor Bahru ke Singapore menggunakan Bus. Nama operator busnya: “Causeway Link”. Kita akan diantar sampai Singapore begitu juga sebaliknya tapi kita akan diturunkan dahulu di imigrasi Malaysia dan imigrasi Singapore untuk mengrus keimigrasian, berikut ilustrasi langkah- langkahnya guys:

1

Mudahkan guys, lalu bagaimana cara menemukan konter Causeway Link di Senai Airport? pas keluar dari arrival gate langsung aja lurus, nanti di pintu utama bandara sebelum konter informasi ada sebuah konter bus ini guys, ini ada petanya:
1_resized

Anda bisa pesan langsung di konter itu atau bisa juga booking online guys klik disini. Kalau kemarin saya pesan melalui online guys, jadi saya tinggal berikan kode booking saya (yang telah dikirim via email) di konter itu. Gambar dibawah etiket saya:

BlogEgiXX

Setelah diverifikasi oleh petugasnya, nanti dia akan mengarahkan dimana tempat menunggu dan busnya tiba. Saya pun diarahkan untuk keluar dari pintu utama bandara dan langsung belok kiri sampai mentok. Terlihat pada gambar dibawah ada bus berwarna kuning diujung jalan, nah disitulah tempat tunggu dan keberangkatan saya guys tapi itu bukan bus saya, karena bus itu adalah yang baru saja datang mengangkut penumpang dari Singapore, bus saya tiba dalam beberapa menit kemudian.
BlogEgi.com0013710

Tidak perlu takut untuk booking via online, karena kita bisa naik bus jam berapa saja pada hari itu klik disini untuk melihat jadwal keberangkatan bis. Lalu bagaimana dengan biayanya, sebelumnya saya mau cerita dulu ya guys. Jika Anda landing atau take off naik AirAsia Anda akan difasilitas transport ini alias feel free guys #Seneng tapi tanggal 28 juni 2015 saya mendapatkan notifikasi bahwa fasilitas untuk penumpang AirAsia akan dicabut dari 1 Juli 2015. Saya kaget membaca email tersebut apalagi saya udah lakukan booking sejak tanggal 22 Juni 2015 untuk keberangkatan 09 Juli 2015 #SeketikaHening. Saya mencoba membalas email tersebut tapi sampai detik ini pun belum dibales hikz hikz.

BlogEgi

Saya coba membaca ulang- ulang isi email tersebut, akhirnya saya simpulkan bahwa akan tetap ada fasilitas bus dari Johor Bahru ke Singapore tapi sudah tidak gratis lagi untuk penumpang AirAsia karena saya sudah booking sebelum info ini publish maka saya diberikan toleransi lah guys #ceritanya yaitu saya tetap diberikan fasilitas gratis dari Senai Airport ke JB Sentral lalu dari JB Sentral ke Singapore saya harus membayar 8 Ringgit.

Ok deh gak apa ya kan guys. Back to topic, untuk masalah tarifnya terdapat dua kententuan, jika Anda dari Johor Bahru ke Singapore maka Anda harus membayar dalam Ringgit begitu juga sebaliknya Anda harus membayar dalam S$. (harga per Februari 2016).

CaptureSetelah menunggu beberapa menit, akhirnya bus saya tiba guys.

BlogEgi.com0013708

Para penumpang pun bergegas untuk masuk. Langkah awal saya diantar sampai JB Sentral, pokoknya patokannya ilustrasi langkah yang diatas itu guys.

BlogEgi.com0013720

JB Sentral adalah sejenis terminal guys, semua bus dari berbagai penjuru Malaysia berhenti disini dan para penumpangnya bisa melanjutkan ke wilayah Johor Bahru atau ke Singapore.

BlogEgi.com0013725

Khusus yang ke Singapore Anda harus mencari imigrasi Malaysia yang berada disini:

Capture

Gampang saja guys, setibanya di JB Sentral yang harus Anda lihat petunjuk Woodlans, Singapore (Woodlands adalah tempat imigrasi Singapore). Petunjuk itulah yang akan mengantarkan kita sampai ke Imigrasi Malaysia.

BlogEgi.com0013721

Disini Anda tidak akan sendiri, terdapat banyak orang yang memiliki rute sama kaya Anda guys. Setibanya di imigrasi Malaysia, seperti biasalah guys, dicek passport dan diberikan stempel keluar Malaysia. Setelah itu kita kembali turun guys untuk mencari bus menuju imigrasi Singapore yang ada di Woodlands.

aaa

Lihat gambar diatas, terdapat jalur pagar kuning dengan plang CW1, CW2, CW5. Naik aja mana bus yang tiba duluan tidak akan masalah karena semua bus dari sini pasti akan ke Woodlands tapi harus antri teratur ya guys, inget loh kita sedang di negara orang hhee. Setelah antri nanti pas masuk pintu bus kita akan ketemu dengan supirnya, beritahu tujuan akhir kita, dalam hal ini saya bilang Newton Circus dan langsung membayar sesuai tarif harga diatas tadi ke mesinnya, FYI: bayarlah dengan uang pas, karena mesin itu tidak ada kembalian, jangan lupa simpan baik- baik tiket dari mesin tadi ya guys #JanganHilang. Setelah bayar pilihlah tempat duduk. Jarak dari JB Sentral ke Woodlands tidak terlalu jauh tapi akan macet jika di jam- jam sibuk.

BlogEgi.com0013733

Yang diatas adalah tiket saya, inget ya karena saya dari Johor Bahru ke Singapore jadi saya bayar dengan Ringgit tapi tiket diatas tertulis dalam S$ #NtahKenapa. Tiba di Woodlands, langsung saja ke imigrasi Singapore untuk dicek passport dan diberi stempel masuk. Setelah itu kita langsung cari lagi bus Causeway Linknya tapi kali ini harus sesuai rute ya, kalau Anda saat di JB Sentral bilang ke supirnya mau ke Newton Circus berarti naik bus CW5.

BlogEgi.com0013732

Untuk yang CW5 terdapat pas disebelah kanan dari gambar diatas ya guys. Setelah tiba bus CW5 saya, kita akan ditanyakan tiketnya oleh supir dan dipersilahkan masuk ke bus. Kita tinggal menunggu santai saja sambil menikmati kota Singapore.

Egioto

About Egi Fahridho A

I always wonder why birds stay in the same place when they can fly anywhere on the earth. Then I ask myself the same question. Please be a traveler, not a tourist. Try new things, meet new people, and look beyond what’s right in front of you. Those are the keys to understanding this amazing world we live in. I’m in love with traveling.

Cek Juga Guys

Tiket promo KL ke Iran (My Persia Kaukasus Trip is coming) hanya 2 jutaan PP

BlogEgi.com, banyak orang bilang “I Hate Monday” tapi tidak berlaku buat saya, karena saya mendapatkan …

16 comments

  1. Bang, untuk tiket balik dari singapura ke johor bahru itu pesan online jg atau bisa beli saat di Senai?

  2. Mas kalo dari jb sentral ini ada yg bus lgsg ke changi ga? Makasii

  3. HANTISUN HANTISUN

    mas.. mau nanya donk.. kalo beli online lewat web nya, kok gak ada pilihan dari Johor ke singapore ya ? bisa kasi tau detail nya cara order lewat online gak ya ? plih destination yang apa gt ? soalnya tadi aq coba buka, gak ada plihan johor ke singapore.. makasih mas..

  4. Dek, saya rencana mau ke KL-JB-Sing….bisa gak recomended hotel di KL yang murah, aman,bersih dan dekat kemana-mana☺☺☺trus kalo dari KL ke JB gimana caranya….tentu yang murah dan aman ya….

    • Hi Ibu Erni,
      Kalau utk nama hotel sila cari langsung aja di Booking.com or else, tp utk nama daerah menurut saya bisa di: Bukit Bintang, Chow Kit, atau KL Sentral.

      Utk akses di KL, dont worry, disana udah bagus dan lengkap banget apalagi ada GO KL yang City Area bisa gratis.

  5. bang Egi, Bus dari JB ke SG yang jam malem ada gak ?

  6. Mas Egi .. kl sebaliknya, dari SG ke JB, naek Bus ke woodland, terakhir jam brp ya?
    Dan kita naek dari mana di SG nya ya?
    Thx B4

  7. halo bang egi
    saya mau tanya nih.. kebetulan saya beberapa hari lagi mau jalan2 sama keluarga kesingapore lewat jalan darat dari johor bahru.

    pertanyaan saya :
    dari johor bahru ke singapore kan beli tiket bus causeway link. nah dari johor beli tiketnya apakah tiketnya harus PP ? berhubung saya disingapore transit 1 hari besoknya back to johor bahru lagi. soalnya kalau tanpa pegangan tiket pulang takut diimigrasi ditanyakan tiket pulangnya..

    jadi dari singapore ke johor bahru itu bisa gak tiketnya beli waktu di johor dengan tujuan johor singapore PP ? ato saya harus beli disingapore saat pulang ke queen street lagi buat beli tiket singapore johor. ??

    mohon bantuan nya terimakasih. ^_^

    • Hi Yuli, sorry lama renspon karena fitur plugin komentar error kemarin, sepetinya sudah berangkat ya.

      Tidak harus beli PP kok, bisa beli pas di SG aja utk tiket pulangnya. Kalau imigrasi tanya, kasih lihat aja tiket JB ke Indonesia nya, nanti mereka paham, kalau kamu bakal balik lagi ke JB.

      Setau saya, tiket JB ke SG itu pake rate MYR tapi SG ke JB pake rate SG. Jadi sepertinya harus beli di SG atau online.

  8. Mas egi..mau nanya jadi tahun depan sy akan jalan2 ke KL n sekitarnya. Nah, masalahnya sy sdh pesan tiket johor KLnya cm 2 hri 1 malam aja. Tp di johor cm transit, krn sy mau jalan2 di SG 1 hari aja. Jd sy tiba di johor pkl 8.10 pagi, rencananya dr bandara sy mau lgsung ke SG dan harus balik lagi ke johor hari itu jg, krn tiket balik ke KL besok paginya jam 6 pagi. Pertanyaan sy, kira2 kekejar g ya jalan2 sebentar di SG dg wkt yg mepet gtu. Mohon pencerahan utk estimasi waktunya. Trims

    • Hi Nana,
      Iya bisa terkejar, cuma agak capek saja karena pagi dan petang adalah jam sibuk di gate woodland, karena flight ke KL pagi banget, jadi langsung pulang hari itu dari SG udah benar dan nginap di JB ya. prediksi saya: 08.10 landed di JB, ke woodland bisa 1-4 jam (perjalanan sih 45 menitan, tp antriannya itu loh) sekitar jam 12 an sudah di SG, kira2 masih ada waktu 5-6 jam, cukuplah utk jalan2 di SG.

Komentar yuk, ketik dibawah: