PERHATIAN:
Home / Visa for Indonesian / Menlu Upayakan Pembebasan Visa Schengen bagi WNI

Menlu Upayakan Pembebasan Visa Schengen bagi WNI

Brussels- Banyak negara di Eropa yang warganya mendapatkan kemudahan bebas visa ke Indonesia. Menlu Retno Marsudi pun mengupayakan aturan serupa berlaku bagi warga negara Indonesia (WNI).

Saat melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Komisi Eropa dan Komisioner Eropa Urusan Regulasi, Hubungan Antar-Lembaga, Peraturan Hukum dan Piagam Hak-Hak Dasar Frans Timmermans, Menlu membahas kemungkinan pemberlakukan visa Schengen bari WNI pemegang paspor umum.

Menlu Retno menyampaikan perlunya negara-negara anggota Schengen untuk mengambil langkah-langkah pembebasan visa ini sebagai langkah timbal balik bagi kebijakan bebas visa kunjungan wisata kepada sebagian besar anggota Schengen baru-baru ini melalui Perpres 69/2015.

“Indonesia merupakan negara Asia Tenggara pertama yang memiliki perjanjian kemitraan dan kerja sama, serta perjanjian kehutanan dengan Uni Eropa, sekaligus merupakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Tingkat penolakan aplikasi visa dari Indonesia juga sangat rendah, yakni 1,1 persen pada 2014 serta jumlah pelanggaran peraturan keimigrasian Uni Eropa oleh WNI sangat minim,” ujar Menlu Retno, dalam pernyataan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Metrotvnews.com, Senin (13/7/2015).

“Hal-hal ini layak dijadikan pertimbangan bagi Uni Eropa untuk dapat memberikan bebas visa kunjungan wisata bagi WNI,” tegasnya. Timmermans pun mencatat dengan baik permintaan Indonesia dan akan menjajaki lebih lanjut isu pembebasan visa termaksud.

Pertemuan antara mantan Dubes Indonesia untuk Belanda ini dengan Timmermans turut dimanfaatkan untuk membahas potensi kontribusi UE bagi pembangunan di Indonesia, terutama di sektor infrastruktur dan kemaritiman. Selain itu kedua pihak juga berdiskusi mengenai peningkatan kerja sama UE dengan negara-negara ASEAN, terutama terkait dengan isu-isu penanganan imigran illegal dan pengungsi serta transnational organized crime.

Menlu RI akan membahas lebih lanjut berbagai hal di atas dengan High Representative Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Federica Mogherini di Kuala Lumpur pada awal Agustus 2015.

Sumber

Egioto

About Umum

Cek Juga Guys

Brasil akan ajukan turis Indonesia bebas visa 90 hari

JAKARTA. Jelang kedatangan Menteri Luar Negeri Brasil ke Indonesia pada bulan Mei ini, Duta Besar …

Komentar yuk, ketik dibawah: