PERHATIAN:
Home / Asia / Panduan Cara Beli Online Asuransi Perjalanan (Syarat Apply Visa Schengen)

Panduan Cara Beli Online Asuransi Perjalanan (Syarat Apply Visa Schengen)

BlogEgi.com, Hari ini saya baru saja membeli asuransi perjalanan untuk West Europe+ Doha Trip 2016 nanti hhee. Setelah cek dan ricek berbagai produk, jatuhlah pilihan hati saya ke AXA INSURANCE  dengan nama SmartTraveller eitttsss saya bukan sales atau terafiliasi ini murni cerita pengalaman saya hhhee.

Kenapa saya memilih produk SmartTraveller, karena setelah saya telepon CS AXA yang di Bandung, katanya jika apply Visa Schengen saya ditolak, saya bisa request refund biaya asuransi ini dan pihak AXA bersedia mengembalikan dengan potongan $5 per polis. Lalu apabila kita tetap mau ajukan Visa Schengen lagi pasca ditolak tadi, kita masih tetap dapat menggunakan produk yang sama tanpa membeli lagi (Selama tanggal keberangkatan perjalanan masih sama didata polis).

Untuk Anda yang tinggal di kota yang terdapat cabang AXA bisa datang langsung kesana dan lakukan pembelian tapi jika tidak ada atau Anda malas pergi ke kantor bisa lakukan pembelian secara online hhheee.

Saya tinggal di Kota Bandung dan terdapat kantor AXA, saya pun tergolong orang yang malas kesana yasudah saya beli online saja hheee.

Langkah pertama, silahkan siapkan koneksi internet Anda yang stabil lalu buka websitenya disini. Menurut saya disana lengkap semua informasi yang kita butuhkan, untuk yang baru pertama kali saran saya baca dahulu dengan seksama guys dan juga lupa siapkan kopinya biar lebih syahdu hhhaaa.

Langkah kedua, setelah 100% yakin dan mantap dengan produknya, silahkan klik tulisan “BELI ONLINE” atau klik disini. Akan terbuka tab baru di jendela kamar Anda, eh salah jendela browser guys maksudnya hhhhaaaa.

Disana tampil halaman formulir, yang harus Anda isi dengan benar dan jangan sampai salah kalau tidak mau rugi ratusan ribu rupiah hhhaaa.

Sesuai gambar diatas, Anda tentukan kapan Anda akan melakukan perjalanan (Tanggal pergi dari Indonesia dan kembali ke Indonesia). Setelah itu tentukan tujuannya, apakah hanya satu negara yang dikunjungi atau lebih (bagian ini paling penting), lalu masih dibaris yang sama di bagian kanannya terdapat beberapa pilihan: Spesial Asia, Seluruh Dunia termasuk wilayah Schengen, atau Seluruh Dunia tidak termasuk wilayah Schengen.

FYI:
Spesial Asia: Brunei, Burma, Cambodia, China, Hong Kong, Laos, Macau, Malaysia, Philippine, Singapore, Taiwan, Thailand, Timor Leste and Vietnam.
Wilayah Schengen: Austria, Belgium, Czech Republic, Denmark, Estonia, Finland, France, Germany, Greece, Hungary, Iceland, Italy, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Malta, Netherlands, Norway, Poland, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spain, Sweden, Switzerland.

Sesuai gambar diatas, maka tampil premi yang cocok dengan perjalanan kita, berhubung untuk perkalanan ke Eropa hanya ada satu mana yang paling mahaaalll lagi hhaaaa, yasudah pilih Worldwide Platinum guys.

Sesuai gambar diatas, bagian inilah yang paling mudah sekaligus yang paling malassss yaitu entri data kita guys hheee. setelah beres isi datanya langsung aja klik tombol “Selanjutnya”.

Langkah ketiga, Sesuai gambar diatas, kita akan ditanya akan melakukan pembayaran melalui metode apa? kalau saya pilih credit card dan klik tombol “Lanjutkan Proses”.

Langkah keempat, Sesuai gambar diatas, ini adalah tahap terakhir guys #Percayalah guys hhee. Jika yang punya kartu kredit silahkan input data kartu Anda dan klik “Process Payment” maka proses selanjutnya hanya memakan beberapa detik saja setelah itu kita akan mendapatkan email dari AXA yang berisi invoice pembayaran.

Beres deh satu pra syarat untuk ajukan Visa Schengen, nah file yang di attachments “Polis” itu lah yang kita print dan bawa jadi kelengkapan syarat dokumen kita guys.

Semoga artikel pengalaman pribadi saya ini dapat membantu, silahkan bantu share dan komentarnya guys.

 

UPDATE

Setelah berakhirnya West Europe+ Doha Trip, pada saat perjalanan pesawat saya mengalami delay dikarenakan saya sudah membeli asuransi ini maka saya tenang dikarenakan dalam polis akan diakomodir.

Setibanya saya di Indonesia, saya mencoba untuk mengklaim keterlambatan tersebut, setelah beberapa hari kemudian barulah saya mendapatkan email balasan yang menyatakan klaim saya ditolak dikarenakan keterlambatan pesawatnya kurang dari 12 jam.

file B

Whatttt???? saya coba mencerna kembali polis yang saya dapatkan. Cuplikan polis saya sebagai berikut:

file A

dan ini yang ditampilkan dalam website resmi AXA:

file c

Emang dasar ya asuransi itu, selalu saja menggunakan bahasa ambigu alias mempunyai makna ganda demi mendapatkan mangsanya #kezel, apalagi dikolom sebelahnya mereka menggunakan kalimat “50/12 hours”. Saya pun mencoba minta pendapat kepada teman- teman saya yang emang mempunyai hobi sama yaitu traveling, hasilnya sebagian dari mereka berkesimpulan sama bahwa makna dari kalimat di polis “Untuk setiap 12 jam keterlambatan…” jika mengalami keterlambatan 10 menit maka akan masuk kedalam kategori 12 jam pertama tersebut.

Tapi, sebagian dari teman saya juga ada yang berpendapat bahwa baru bisa ajukan klaim keterlambatan jika mengalami keterlambatan lebih dari 12 jam.

Teeeekkkk, seketika saya paham apa tujuan AXA menulis kalimat tersebut dalam polis, seakan- akan mereka emang sengaja mencari kalimat yang ambigu tadi.

Saya sih masih tidak habis pikir, kenapa AXA dapat dengan cerdiknya, dan saya salah satu korban jebakan betmen itu guys ~_~. Yang saya permasalahkan bukan masalah dari segi materi tapi saya tidak suka dengan cara AXA untuk mendapatkan uang.

Mari kita analogikan kekehidupan sehari- hari, anggap saja tarif parkir di Bandung itu adalah Rp 20.000 setiap 12 jam, maka jika ada mobil yang parkir hanya 10 menit saja otomatis masuk hitungan ke 12 jam pertama itu, dan harus membayar Rp 20.000. Namun jika ada mobil yang parkir 12 jam 01 detik maka mobil itu hitungannya sudah parkir selama 2x 12 jam.

Sekarang yang terpenting saya kapok dengan AXA, sekalipun saya butuh asuransi perjalanan, saya akan memilih yang lain dan saya akan jauh lebih teliti lagi dalam mencerna per kata yang terkandung dalam polis.

Semoga pengalaman pahit ini, bisa menjadi pelajaran buat para pembaca agar lebih teliti lagi dalam membeli produk yang namanya “Asuransi”.

Egioto

About Egi Fahridho A

I always wonder why birds stay in the same place when they can fly anywhere on the earth. Then I ask myself the same question. Please be a traveler, not a tourist. Try new things, meet new people, and look beyond what’s right in front of you. Those are the keys to understanding this amazing world we live in. I’m in love with traveling.

Cek Juga Guys

Tiket promo KL ke Iran (My Persia Kaukasus Trip is coming) hanya 2 jutaan PP

BlogEgi.com, banyak orang bilang “I Hate Monday” tapi tidak berlaku buat saya, karena saya mendapatkan …

4 comments

  1. Mas mw tanya donk wkt bwt asuransi ini pembeliannya annual atau short trip ? soalnya diblog mas diinfokan klo visa ditolak bisa refund.nah saya td tanya sama cs axa ktnya klo short trip ga bisa refund klo visa ditolak kebetulan saya mw melakukan perjalanan dari tgl 17juni-juli 2017..mohon infonya yah mas
    Terima kasih

  2. kak mau tny prosesnya brp lama dr transfer utk trima email asuransinya? kbetulan sy mau beli axa online besok hari sabtu utk apply visa rabu kira2 waktunya cukup ngga?

    • Hi Florence,
      Semoga jawabanya saya masih dibutuhkan ya, sebentar kalau tidak salah inget 2x 24 jam udh ada di email.
      Tapi ini saran saya berdasarkan pengalaman saya, mending cari yang lain, jangan AXA deh, saya kecewa proses klaim nya, singkatnya waktu saya di Rome, terjadi pemogokan masal jadi MRT disana tidak beroperasi sd jam 19:00, lalu saya coba klaim lengkap saya ceritakan kronologis+ foto+ tiket mrt, hasilnya ditolak dengan alasan A, B, C…

Komentar yuk, ketik dibawah: