PERHATIAN:
Home / Asia / Pengalaman memesan dan menggunakan UBER di India

Pengalaman memesan dan menggunakan UBER di India

BlogEgi.com, Transportasi di India? itulah yang ada dibenak saya ketika membayangkan ngetrip di India, tapi semua terjawab karena selama di India, saya sangat terbantu dengan taksi online yaitu Uber.

Perlu digaris bawahi, Uber di India adalah legal guys, jadi tidak perlu was- was atau sembunyi- sembunyi dalam memesan tidak seperti di Indonesia apabila pesan Uber di Bandara Indonesia harus ekstra meloby drivernya agar dia mau drop atau pick up. Di India semua aman, tinggal tentukan mau drop dan pick up dimana, maka hitungan menit sang supir Indiahe akan datang guys.

Tapi ada dua syarat kalau bagi saya wajib guys agar bisa menggunakan Uber di India dengan aman dan pasti yaitu:

  1. Daftarkan kartu kredit Indonesia kita sebelum meninggalkan Indonesia (Visa or Mastercard are welcome)
  2. Beli simcard di India (Baca disini pengalaman saya), kenapa ini penting? karena kita bisa menelpon langsung ke drivernya, untuk menjelaskan posisi kita. Emang sih nomor di Indonesia bisa tapi, kita tidak bisa menelpon dengan nomor Indonesia (kecuali fitur roaming On). Kan gak lucu kita sudah pesan Uber, kita udah nunggu lama apalagi tujuan kita ke Bandara/ stasiun/ terminal eh tiba2 driver cancel karena tidak bisa menemukan posisi kita hikz hikz, FYI koordinat driver selama di India kadang suka rada ngaco, saya pernah di applikasi driver masih jauh, eh pas saya telepon katanya sudah digerbang jadi sebaiknya daftarin ulang nomor India di akun kita guys agar komunikasi dengan driver lancar dan driver pasti datang.

Kurang lebih cara memesan Uber di India sama persis seperti di Indonesia, berikut pengalaman saya tertera pada screenshoot:

Gampang dan mudahkan guys, tentukan titik pickup dan drop kita, lalu pesan deh. Uber di India ada jenis:

  • Pool: ini dengan sistem sharing ride dengan mobil city car sama seperti UberGo, jadi dalam satu mobil bisa diisi dengan penumpang lain apabila ada memiliki tujuan yang kurang lebih mirip dengan tujuan kita, keuntungan nya harga yang lebih murah. Berdasarkan pengalaman, saya cukup sering memilih jenis ini dan belum ada yang penumpang lain yang bareng- bareng saya hheee #mungkinLagiBeruntung.
  • UberGO: ini dengan mobil jenis kecil atau city car gitu guys mungkin di Indonesia kita mengenal seperti mobil: Ayla/ Agya/ Brio/ Dll yang kapasitas penumpangnya max 4 orang. Keuntungan nya ini private car, jadi tidak sharing ride.
  • UberX: ini dengan mobil yang lebih lega dan besar boleh diisi 6 penumpang atau lebih (tergantung jenis mobilnya sih) kalau di Indonesia kita mengenal seperti mobil: Avanza/ Xenia/ Ertiga/ Dll. Keuntungan nya sama seperti UberGo tapi mobilnya lebih nyaman karena lega.
  • Airport: ini khusus mobil ke bandara, sebenarnya Pool/ UberGo/ UberX juga melayani rute bandara. Nah untuk Airport emang sih harganya lebih mahal sedikit dari Pool/ UberGo/ UberX. Saya pun belum menemukan perbedaan Airport ini munkin driver Airport, sang supir nya sudah standby atau terlatih untuk melayani penumpang ke Bandara #AsumsiSayaSaja dan inget ya guys jangan pilih Pool untuk rute Bandara, kan gak lucu kita telat sampai gara- gara ada penumpang lain naik atau turun.

Cara membayarnya bagaimana? mudah saja setelah kita tiba di poin tujuan, tinggal bilang aja “Om, saya bayar dengan kartu kredit ya” maka si oom driver nya akan menggoyang- goyangkan kepala nya (di India artinya ok ok ok). Saran saya mending kartu kredit yang didaftarkan pada akun Uber adalah tipe Mastercard, kenapa? karna tipe Mastercard lebih bagus rate nya guys dibanding tipe lain #bukanPromo.

Lalu dengan harga disana bagaimana? Tenang, Uber di India itu muraaahhhhhhhhhh pake banget guys. Apalagi kalau kita naik bareng keluarga/ teman kan otomatis biaya akan patungan. Kadang ya harga Uber dengan harga Autorickshaw (tuktuk) bisa lebih murah Uber loh guys hhhee.

Saya aja cukup sering menggunakan Uber, karena murah dan nyaman, secara di India itu panas gila jadi sekali masuk mobil, hmmmmm ademmmm guys.

 

Supirnya emang sih tampangnya agak serem gimana gitu guys, tapi percaya deh mereka ramah dan baik loh apalagi sebagian dari mereka cukup lancar dalam berbahasa inggris. Saya di India menjelajahi tiga kota yaitu: New Delhi, Agra, dan Jaipur. Nah yang ada Uber nya di kota yang saya jelajahi baru New Delhi dan Jaipur.

Dan ini guys beberapa tarif yang pernah saya bayar:

Kalau ke India, cobain juga naik Uber nya ya guys. Mau dapat diskon Rp 75 ribu, yuk gunakan code promo: UBEREGHI

Egioto

About Egi Fahridho A

I always wonder why birds stay in the same place when they can fly anywhere on the earth. Then I ask myself the same question. Please be a traveler, not a tourist. Try new things, meet new people, and look beyond what’s right in front of you. Those are the keys to understanding this amazing world we live in. I’m in love with traveling.

Cek Juga Guys

Tiket promo KL ke Iran (My Persia Kaukasus Trip is coming) hanya 2 jutaan PP

BlogEgi.com, banyak orang bilang “I Hate Monday” tapi tidak berlaku buat saya, karena saya mendapatkan …

4 comments

  1. wah mantep ni, klo gt daftar uber dulu deh, saya kan adanya uber indonesia, dan usdah ter daftar mastercard, nah nanti disana bisa ubah no telp nya jadi no telp india yg kita beli ga?

  2. siap, makasih bgt infonya,

    gada ulasan tentang jaipur ya, masih bingung explor nya transport nya pakai apa, mungkin uber jga kali ya

Komentar yuk, ketik dibawah: