PERHATIAN:
Home / Asia / Review Octopus Card Hong Kong

Review Octopus Card Hong Kong

BlogEgi.com, Octopus Card adalah kartu sakti untuk hidup nyaman di Hong Kong. Yups, Anda bisa bayar MTR (A.K.A MRT), public bus, Tram, gerai makan (KFC, dll), gerai tempat wisata (The Peak, dll) bahkan bayar di 7Eleven #wow banget kan guys, berikut saya lampirkan lengkap kesaktiannya guys:

2
Cara menggunakannya pun sangat mudah hanya tinggal 1x tap semua urusan selesai.

BlogEgi.com0009160

Cara membelinya cukup mudah untuk ditemukan, kalau saya beli langsung di Hong Kong International Airport (HKIA). Keluar dari arrival gate nanti ada di sebelah kiri kaya konter 1/2 melingkar yang panjang antrian (lihat gambar diatas), nah itulah salah satu tempat jual Octopus Card. Lalu kalau saya tiba di Hong Kong tidak melalui jalur udara, bagaimana? Iya berarti Anda emang harus sengaja datang ke HKIA hheee. Gak denk itu just kidding aja hhhaaa. Tenang Kartu Octopus dapat Anda beli di pusat layanan transportasi umum seperti MTR.

Tinggal bilang aja ke petugasnya mau beli Octopus Card. Nanti disana ada gambar lengkap tentang jenis- jenis kartu octopusnya seperti ini:

“Standart Octopus”

1

DAN

“Tourist Octopus”

3

Terdapat berbagai jenis kartu Octopus telah tersedia. Secara fungsi antara standart octopus dengan tourist octopus sama persis hanya berbeda di nilai uang yang terdapat didalamnya. Sebagai perbandingan jika Anda beli Octopus Adult maka HK$150 (HK$ 50+ HK$100) dan Tourist Octopus HK$89 (HK$50+ HK$39) jadi bijaklah Anda dalam menentukan jenis octopusnya, sesuaikan dengan durasi Anda tinggal di Hong Kong. Biaya deposit HK $ 50 yang akan dikembalikan saat pulang dengan batas maksimal 90 hari dari tanggal pembelian guys. Untuk proses refund deposit Anda tidak perlu harus mengembalikannya ditempat Anda beli pertama tapi cukup ke Tiket Office/ Customer Service yang tersebar di setiap MTR.

BlogEgi.com0011504

Kalau saya kemarin membeli yang standar octopus tipe child eh salah deng adult lah guys hhaaa. karena stay disana 4 harian, agak repot jika lagi asyik jalan- jalan eh gak taunya saldo octopus saya kurang/ habis.

Owya jika kartu octopus Anda mau di topup silahkan ke stasiun MTR dan cari mesin topup octopus, masukin octopusnya lalu pilih nominal yang mau ditambahkan dan masukin deh uangnya ke mesinya. Selamat octopus Anda berhasil ditopup. Catatan kalau mau topup baca dulu tulisan diatas mesinnya karena ada dua macam mesin: Add value atau single ticket. Add value untuk tambah saldo octopus dan single ticket untuk beli tiket eceran.

Nah jika mau ngecek, octopusnya ada berapa saldonya, lihat gambar diatas yang pojok kiri ada mesin kecil, itulah tinggal tap aja ntar terlihat saldo + riwayat pemakaian octopus kita. Nih saya kasih lagi deh gambar jelasnya ada dibawah ini.

BlogEgi.com0010208

Jika Anda mau baca- baca info lain tentang octopus ini silahkan akses aja situs resminya klik disini

Egioto

About Egi Fahridho A

I always wonder why birds stay in the same place when they can fly anywhere on the earth. Then I ask myself the same question. Please be a traveler, not a tourist. Try new things, meet new people, and look beyond what’s right in front of you. Those are the keys to understanding this amazing world we live in. I’m in love with traveling.

Cek Juga Guys

Tiket promo KL ke Iran (My Persia Kaukasus Trip is coming) hanya 2 jutaan PP

BlogEgi.com, banyak orang bilang “I Hate Monday” tapi tidak berlaku buat saya, karena saya mendapatkan …

10 comments

  1. Mas Egi mau tanya kl tourist octopus itu bisa dipakai sepuasnya untuk transportasi seperti singapura atau harus di isi saldo juga? Trus harga tiket MTR bandara dengan MTR antar kota harganya sama atau lebih murah yg antar kota?

  2. empat harian di sana ngisi saldo octopus berapa HKD ya mas ?

  3. Hai Bro Egi, Kalau kami ber 4 orng lebih hemat naik taxi kah dari Bandara HK ke Tsim Sha Thui? Terus ada baca kalau check in di hotel HK sampai jam 23.00 saja ya? Pesawat kami mendarat jam 8.35 PM, belum imigrasi dll.

  4. Halo Mas Egi, thankyou utk sharing nya. sy mau tny utk refund octopus card, rute saya adalah masuk dari HK, ferry ke macau, kemudian ferry ke shenzhen, dan kereta ke guangzhou kemudian pulang dari guangzhou. Octopus card nya bisa saya refund kapan ya? karna saat pakai ferry ke macau masih bisa menggunakan octopus?

    • Hi Lala,
      Saat yang tepat adalah waktu out dari HK, dilihat dari rute, ya pas beli tiket Ferry, langsung cari kounter penukaran nya. FYI kalau beli tiket ferry ke Macau, coba pake Klook, disana banyak discount.

Komentar yuk, ketik dibawah: