PERHATIAN:
Home / Visa for Indonesian / Visa Haji Berubah Jadi Kertas A-4 Mulai Tahun Ini
Jemaah haji debarkasi Padang tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis, 9 Oktober 2014 sekitar pukul 22.43 WIB. Jemaah haji kloter pertama debarkasi Padang, Sumatera Barat, ini merupakan rombongan jemaah haji asal Indonesia yang pertama kali meninggalkan Mekah.

Visa Haji Berubah Jadi Kertas A-4 Mulai Tahun Ini

Jakarta – Pemerintah Arab Saudi mulai tahun ini mengubah bentuk visa haji dari stiker menjadi kertas berukuran A-4. Pemerintah Indonesia telah menyepakati dan mendatangkan petugas haji dari Arab Saudi untuk membimbing dan menguji coba layanan visa online dan perubahan bentuk visa tersebut.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham, mengatakan perubahan bentuk visa haji dari stiker menjadi kertas biasa sudah disosialisasi di Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Jakarta. “Diubah menjadi kertas biasa agar lebih mempermudah pencetakannya,” kata dia dalam keterangan tertulis pada Jumat, 3 Juni 2016.

Ilham mengatakan penjelasan dan sosialisasi perubahan bentuk visa haji disampaikan oleh Direktur Teknologi Informasi dari Kementerian Luar Negeri Arab Saudi Abdullah Talhi dan Direktur Teknologi Informasi Kementerian Haji dan Umrah Abdul Aziz Damanhuri. Selain itu, sosialisasi disaksikan oleh pihak Direktorat Jenderal Imigrasi dan maskapai penerbangan Saudia serta Garuda Indonesia.

Menurut Ilham, Indonesia tahun ini menjadi salah satu negara percontohan untuk perubahan bentuk visa haji menjadi kertas berukuran A-4 tersebut. Negara lain yang mulai menerapkan visa haji bentuk kertas adalah India. Sebab, India juga menjadi salah satu negara yang banyak mengirimkan jemaah haji. Ia menegaskan sistem visa baru ini sudah terintegrasi antara Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Ilham menambahkan, pada 2015 Indonesia menjadi pilot project e-hajj. Ia menjelaskan, e-hajj adalah sistem informasi haji dan umrah yang terintegrasi dengan sejumlah negara lain. Namun sistem itu belum berjalan sempurna sehingga mengakibatkan keterlambatan penyelesaian visa haji bagi jemaah haji Indonesia.

Ilham berharap langkah perubahan bentuk visa ini menjadi upaya mencegah kejadian tahun lalu, yaitu ketika para calon jemaah haji terpaksa menunda keberangkatan ke Tanah Suci akibat keterlambatan pembuatan visa.

Sumber

Egioto

About Egi Fahridho A

I always wonder why birds stay in the same place when they can fly anywhere on the earth. Then I ask myself the same question. Please be a traveler, not a tourist. Try new things, meet new people, and look beyond what’s right in front of you. Those are the keys to understanding this amazing world we live in. I’m in love with traveling.

Cek Juga Guys

Kemlu terus usahakan WNI bebas visa Schengen

BlogEgi.com, Kementerian Luar Negeri RI terus mengawal upaya Indonesia mendorong pembebasan visa Schengen bagi WNI …

Komentar yuk, ketik dibawah: