PERHATIAN:
Home / Asia / Yuk membuat Visa Negeri Gingseng Korea secara mandiri dan mudah (pengalaman+ syarat)
Worldegi

Yuk membuat Visa Negeri Gingseng Korea secara mandiri dan mudah (pengalaman+ syarat)

BlogEgi.com, Percaya atau tidak guys bulan ini saya banyak mengurus Visa berbagai negara, diawali dengan saya mengurus Evisa India, Visa Japan, Evisa Turki, dan the last one is Visa Korea. Jika kalau ada bertanya kenapa berdempetan gitu ngurusnya? Iya, karena trip saya juga berurut selang satu hari saja guys, itu semua bisa terjadi trip saya karena tiket error fare dan promo gila hhhaaa, buat yang penasaran silahkan diulik lagi aja guys BlogEgi.com nya, semua pengalaman mendapatkan tiket itu sudah saya tulis lengkap di BlogEgi.com.

Visa Korea yang saya baca termasuk yang agak banyak syarat- syarat yang harus dipenuhi guys, tapi sebagai traveler yang baik, kita harus patuhi semua syarat yang diminta doi ya gak guys ^_^. Visa Korea hampir sama seperti visa negara lain, yang tanpa ada pembagian wilayah seperti Jepang, jadi mau KTP kita dimana aja itu dapat diurus di Duta Besar Korea di Jakarta oleh karena itu saya memilih untuk mengurusnya secara mandiri aja deh tanpa bantuan jasa travel.

Duta Besar Korea di Jakarta terletak di:

Jalan Gatot Subroto Kav 57, Kuningan- Jakarta Selatan

blogegi-00000041377

Tau gedung trans tv gak? nah itu pas disebrangnya guys atau tau rs medistra gak? nah itu pas disebelahnya guys, yawdah saya kasih petanya:

Setibanya disana, masuk dari pintu samping nya ya guys, pokoknya yang ada gerbang besar tapi yang kebuka, lalu lurus aja hingga mentok nanti dikiri ada deretan parkir mobil.

blogegi-00000041374

Jika sudah mentok, lihat kiri Anda guys, ada semacam pintu besi, buka aja pintu itu nanti kalian akan disambut dengan satpam yang super ramah, tugas doi akan cek bawaan tas lengkap disuruh tunjukan KTP, percaya deh nanti doi bakal bilang

ohya mirip- mirip, sama ganteng/ cantiknya hhhaaa #gokil” candaan doi

2

blogegi-00000041382

Beres urusan dengan doi, Anda akan diarahkan untuk jalan lurus lalu belok kanan, nah disanalah semua proses visa berlangsung guys.

Nah, sekarang udah tau kan guys lokasinya, saatnya saya bahas syarat- syarat apa saja sih yang saya bawa kemarin, FYI dokumen yang saya jelasin dibawah ini saya sebagai owner, akan semakin sedikit dokumen yang diperlukan jika sebagai karyawan/ freelancer/ mahasiswa, tapi secara umum sama.

Syarat- Syarat:

  1. Passport asli: minimal 6 bulan sebelum berangkat
  2. Copy full passport: halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi sampai halaman terakhir yang ada alamat
  3. Application form: format bisa didownload
  4. Pas foto 4,5 cm x  3,5 cm: harus 6 bulan terakhir dengan background putih
  5. Copy KTP, akta lahir, kartu keluarga, dan NPWP
  6. Surat sponsor dari orang tua: berbekal dari pengalaman urus Visa Jepang, jadi saya lampirkan juga lengkap dengan materai didownload
  7. Surat keterangan kerja: supaya lebih meyakinkan lagi, saya lampirkan lengkap dengan kop perusahaan+ cap perusahaan+ tanda tangan HRD didownload
  8. Copy SIUP, TDP, dan SKDU: dikarenakan saya sebagai owner maka saya lampirkan, jika karyawan surat ini tidak perlu
  9. ID Card: Saya selalu lampirkan ini, supaya lebih meyakinkan bahwa saya akan kembali lagi ke Indonesia karena sudah punya kerjaan
  10. Rekening koran 3 bulan terakhir: Saya meminta langsung dari Cimb Niaga dengan biaya Rp 3500/ lembar, tidak boleh dari akun internet banking
  11. Surat referensi bank: ini juga sama, saya minta langsung dengan biaya Rp 50.000, prosesnya 1 hari kerja
  12. Print out tiket+ hotel: ternyata langsung dikembalikan saat seleksi dokumen artinya tidak diperlukan guys.

3

Jadwal:

  • Pengajuan aplikasi Visa : 09.00 – 11.30
  • Pengambilan Visa : 13.30 – 16.30
  • Lama proses pembuatan Visa : ± 4 hari kerja ( Proses bisa lebih dari 4 hari kerja jika dokumen dianggap belum lengkap dan interview jika dibutuhkan)

Setibanya digedung untuk pengurusan visa, kita akan dibukakan pintu oleh satpam lagi, dan ditanyain mau ngapain? jawab aja mau apply visa, setelah itu nanti ada pak polisi yang kasih nomor antrian (gokilkan, yang kasih nomor polisi guys hhhaaa). Yasudah saatnya menunggu dipanggil deh antriannya.

1

Saya tiba disana sekitar jam 09:30 dan tau gak guys saya dapat antrian no berapa? yups, no 49 ternyata ~_~. Yasudah saya cari kursi yang kosong.

blogegi-00000041375

Tidak lama habis saya duduk, saya disamperin dengan mbak- mbak,

mas dapat no antrian berapa ya?” tanya mbaknya

No 49 mbak” jawab saya

Ini saya ada no 23, saya udah barengan, mau gak mas?” tanya mbaknya

ohhhh mau mau mau mbak, makasih ya.” senang saya. #rezekiAnakSholeh

blogegi-00000041376

Yups, tidak lama saja guys antrian no 23 sudah dipanggil, yasudah saya berikan semua berkas- berkas saya maka petugasnya akan menyeleksi kembali dan pada akhirnya saya disuruh bayar sebesar Rp 544.000 (harus cash ya tidak bisa debet). Tunggu beberapa menit maka saya diberikan secarik kertas, tentunya petugasnya juga menjelaskan bahwa estimasi tgl 14 visa saya sudah diproses.

9407cfd2-1dab-4669-6de0-b7510e3d8941

Serta katanya proses status visa bisa saya pantau langsung dengan online, dengan mengakses http://idn.mofa.go.kr atau jika mau langsung bisa akses yang ini https://www.visa.go.kr/openPage.do?MENU_ID=10301 link yang kedua, langsung input no passport, nama, dan tanggal lahir saja guys.

Setibanya dirumah, saya langsung mencoba akses. Ada info penting, untuk penulisan nama dengan format: nama belakang <spasi> nama depan ya guys jangan nama depan <spasi> nama belakang, kayak saya kemarin, maka hasilnya not found hhhaaa.

blogegi-00000041379
Penulisan nama yang salah
cae5704d-462d-47be-53e9-a233a1183204
Penulisan nama yang bener

Sampai saat ini 12 September, visa saya masih dalam proses “Application Received”. Doain ya semoga besok atau lusa sudah ada kabar perubahan status menjadi “Approved” Amin. Tentunya saya akan update pada artikel ini.

Akhirnya pada tanggal 14 jam 14 status nya berubah menjadi Approved guys, duh senengnya deh… tinggal saya ke Jakarta lagi untuk ambil passport saya yang lengkap sudah tertempel visa Korea.

blogegi-00000041380x

Cerita pengambilan passport:

Saya datang kembali ke Jakarta esok harinya di tanggal 15 dan sudah tiba di Dubes Korea jam 13 kurang guys, tapi pintu baru dibuka oleh satpamnya jam 13:30. Langkah awalnya sama aja guys sama seperti apply visa yaitu di gedung yang sama cuma bedanya saat masuk ke gedung itu, tidak perlu lagi mengambil no antrian guys.

blogegi-00000041385

Jadi saat masuk ke gedung, langsung aja ke loket kaca nomor dua dari kanan yang ada tulisan “VISA”, lalu taro saja kertas tanda terima yang asli itu ditumpuk, nanti petugasnya akan memanggil sesuai urutan tumpukan kertas nya guys.

blogegi-00000041383

Setelah itu tinggal duduk manis aja deh di kursi yang tersedia, tidak lama nama saya dipanggil deh oleh petugasnya, doi memberikan passport lengkap dengan Visa Korea saya yang sudah tertempel #Alhamdulillah

blogegi-00000041381

annyeong haseyo Korea!!!

Jika ada pertanyaan sila sampaikan pada kolom komentar dibawah ini guys.

Worldegi

About Egi Fahridho A

I always wonder why birds stay in the same place when they can fly anywhere on the earth. Then I ask myself the same question. Please be a traveler, not a tourist. Try new things, meet new people, and look beyond what’s right in front of you. Those are the keys to understanding this amazing world we live in. I’m in love with traveling.

Cek Juga Guys

Tiket promo KL ke Iran (My Persia Kaukasus Trip is coming) hanya 2 jutaan PP

BlogEgi.com, banyak orang bilang “I Hate Monday” tapi tidak berlaku buat saya, karena saya mendapatkan …

12 comments

  1. Salam kenal,
    Info yg sangat bermanfaat & membantu utk yg perlu visa KorSel, namun katanya ada syarat tambahan dokumen mulai efektif berlaku tgl 17 Okt 2016 yaitu wajib melampirkan juga SPT Pph21, apakah betul apa tidak?
    Jika betul yang dilampirkan apa bukti telah menyerahkan SPTnya saja atau yg mana?
    Tks & Salam,
    P. Yudi

    • Hi wahyudi,
      Setau saya SPT emang sudah peraturan lama dalam apply visa Korea, nah jika di passpor nya pernah ada visa Schengen maka tidak diperlukan lagi SPT, karena saya ada visa Schengen kemarin saya tidak diperlukan SPT.

      • oh ya? apakah ada keterangan tertulis atau penjelasan orang kedutaan korea mengenai ketentuan kalau punya visa schengen gak perlu kasih SPT lagi? kebetulan aku ada visa schengen dan visa UK di paspor.

  2. Hi mau tanya donk, saya kan juga habis apply visa Korsel tanggal 9 Jan kemarin, temen saya ngecek online hari ini statusnya “application received” sedangkan saya ngecek punya saya “not found” padahal applynya barengan. Btw km dulu pada hari keberapa keterangan di webnya jadi “application received” ?

    • Hi Gitaa,
      Jika status applikasi nya “not found”, setau saya dua kemungkinan: Salah input no nya saat pengecekan atau oleh Admin belum di input datanya. Mohon tunggu aja.
      Saya sekitar 3 harian (hari kerja) kalau kemarin.

  3. Mas, gimana dengan paspor yang baru di perbaharui . Pasti masih kosong.. apa perlu menyertakan paspor lama

  4. Halo. Tolong info ya. Sy single parent (suami RIP). Pekerjaan IRT. U/syarat visa korea mulai no. 7,8,9 sy tdk sedia. Rencana berangkat dgn kakak pegawai Bank swasta. Bisakah kakak sy sbg sponsor? Atau ada cara lain? Tq for info

    • Hi Pit,
      syarat poin 8 dan 9 tidak wajib, nah utk poin 7 itu wajib jika sudah bekerja, saya baca pekerjaan nya IRT, coba minta surat pernyataan dari majikan nya yang menerangkan bahwa benar bekerja disana dan cantumkan kalimat, bahwa “Saya akan balik lagi ke Indonesia untuk bekerja”.

      Nah kalau pergi sama kakak nya? btw kakak kandung? kalau iya, bisa aja kakak sponsorin adiknya, jangan lupa bawa kartu keluarga yang menerangkan bahwa kalian ada ikatan darah, guna pihak duta besar percaya.

  5. Halo kak mau nanya, kalo utk visa korea se-stict jepang yang gk boleh dilipat gitu gak ya?

Komentar yuk, ketik dibawah: